Minggu, 16 Oktober 2011

Bao Chun Lai Gantung Raket ??




Issue pebulutangkis Bao Chun Lai pensiun ternyata benar, kemarin melalui akun weibonya aku melihat profilnya bertuliskan  "前国家羽毛球队员" mantan tim nasional bulutangkis,itu artinya ..  dan menurut beberapa sumber bao kini berprofesi sebagai selebritis , emmm.. setidaknya aku masih bisa meihatnya berprestasi walau bukan di dunia olahraga.

ada beberapa interview bersama Bao Chun Lai yang telah aku rangkum,
ini dia :

人生就是买面包,烘面包,吃面包(谁写的?牛啊。) 那么,人生又像在商店里的面包,各式各样,你可以有你自己的选择。



@ Terhadap perlombaan pengumpilan poin untuk olimpiade, apa rencanamu ?

=>  Tentu saja memperoleh poin yang cukup, dan ikut olimpiade. Watu selanjutnya, pertandingan pengumpulan poin olimpiade akan bertambah dan lebih banyak, dari sudut pandang saya, ingin mendapatkapn tempat, tidak membiarkan tubuh terlalu lelah. Tapi semua rencana itu h=juga harus dipastiin melalui kondisi.

@ Sesudah Olimpiade 2012, tidak peduli apaun, apa rencana selanjutnya?

=>  Pertandingan sekarang sangat banyak, beban sangat berat, jadi saya masih belum terlalu memikirkan tentang hal yang mau dilakukan setelah pensiun, hanya ingin menyelesaikan setiap hal dengan baik dan bagus, menjalankan setiap langkah dengan bagus. Kalau tentang hal sesudah Olimpiade, kemungkinanya sangat banyak, tapi saya masih belum memikirkannya.

@ Pernah memikirkan tentang pensiun?

=> Masalah pensiun adalah hal yang tidak bisa tidak dihadapi oleh semua atlet, tidak ada yang bisa main selamanya, jadi pandangan saya terthadap pensiun adalah berjalan dengan alami saja. Yang harus datang pasti akan datang, sekarang hanya mau jadi sendiri lebih baik. Terlalu banyak memikirkan tentang pensiun , hal yang tidak dapat diubah oleh diri sendiri, akan mudah menghalangi pekerjaan yang ada di depan.

@  Apabila bisa bertahan, kamu harap bisa bertahan sampai kapan ?

=>  Kalau bisa memilih, saya akan memilih bertahan sampai tahun 2013 semua permainan selesai, harus lebih nyata dikit. Lagipula olimpiade di tahun 2016 saya sudah tidak beminat buat ikut lagi. Hehehe (Hikss hikss Hikss,, bntar lg dong L )

@  Kalau tidak menjadi atlet bulutangkis lagi, kamu akan memilih profesi apa ?

=>  Kemungkinnya banyak sekali, seperti melanjutkan kuliah, menyani, masuk ke dunia hiburan juga merupakan hal yang mungin. Mengerjakan apa yang ingin dikerjakan.

@  Dibandingkan dengan dulu, apa yang kamu rasakan dengan jelas sudah mempunyai kemajuan?

=>  Mental saya sudah lebih baik banyak darpida dulu. Teknis tetap ada, hanya harus melihat sendiri dapat mengembangkannya atau tidak. Kesiapan dalam hal mental diperoleh dari pertandingan selama bertahun-tahun. Sekarang hal yang saya lakukan sudah lebih berpilihan dibandingkan dulu, dan lebih masuk akal. Dulu melakukan sesuatu sering karena terpaksa, terhadap permintaan lebih sempurna, tapi sekarang sudah tidak.

@  Saat kamu menghadapi Lee Chongwei, menang kalah bagaimana 

=>  Saling menang kalahlah, tapi dia menang lebih bannyak daripada saya. Secara keseluuruhan, teknik dia sangatbaik, juga dia selalu mempertahankan kualitas yang bagus, jadi kalau ingin menang dari dia itu termasuk hal yang susah. Sikap jika dalam kualitas yang bagus, saya akan bertaqrung dengan dia. Secara keseluruhan, saya merasa dia lebih jago dari saya.

@  Terhadap teknik dirimu, kamu paling percaya diri yang mana?

=>  Khusus teknik sangat susah dibicarakan, maya merasa kelebihan yang paling besar adalah tinggi, smash kadang akan tajam, dan juga karena tubuh yang tinggi dan lengan yang panjang, jadi daerah yang bisa dijanghkau lebih luas.

@  Apakah cederamu sudah agak lebih baik?

=>  Cedera saya yang paling parah berada di lutu, jadi setiap kali ingin bertanding saya akan rajin memakai pelindung. Cedera di lutut bisa dibilang akan menemanin saya selama berkarir, kadang baik , kadang buruk. Sekarang saya sedang melakukan pemuluhan, kondisi  cedera sekarang sangat stabil.

@  Siapa yg paling ingin kamu ucapkan terimakasih ?

=>  Pertama tentu saja orang tua, di rumah saya yang paling kecil, jadi orang tua paling memanjakan saya.  Mulai dari saya bermain bulutangkis, kemanapun saya pergi, orang tua akan mengusahain untuk menemanin di samping saya.  Dulu kecil saya tidak mengerti, tidak menyukai mereka mengatur saya seperti itu. Sesudah besar saya baru menyadari kalau semua itu karena mereka tidak bisa jauh dari saya, dan saya juga sudah tidak bisa menjauh dari mereka. Dan juga saya mau berterimakasih kepada semua pelatih saya di setiap level, seperti pelatih Lee Yongbo, Zhong Bo, Zhang Shaochen dan lain-lain. Disetiap level pertumbuhan saya,mau saya baik maupun buruk, mereka tidak akan pernah berhenti untuk mendorong saya. Boleh dibilang, tanpa pelatihan dari pelatih ini, saya tidak akan mempunyai prestasi seperti sekarang ini.

@  Apa yang akan Anda katakan kepada semua fans kamu yang selalu mendukungmu ?
=>  Tentu tetap kalimat itu yang akan saya kataka, yaitu terima kasih karena dukungan yang diberikan kepada saya!  Terima kasih kepada kalian selalu memberikan dukungan yang tidak pernah berhenti. Mau baik ataupun buruk, selalu mendorong dan mendukung saya, tidak pernah sama sekali membicarain tentang hal negatif kepada saya, hal ini membuat saya sangat terharu.

@  Sejak kapan kamu belajar gitar? Inspirasinya datang darimana ?

=>  Bicarain tentang gitar, saya termasuk “cara liar” , yaitu belajar berapa kali. Saya pernah membali buku panduan khusus tentang belajar gitar, tetapi sama sekali tidak mempunyai waktu untuk membacanya. Saya belajar gitar sejak 2 atau 3 tahun yang lalu, suatu kali dengan tidak sengaja saya bertemu dengan seorang guru gitar dan ngajarin saya sedikit tentang gitar. Tetapi, sampai sekarang saya masih belum bisa mainin satu lagu sampai habis.

@  Apakah ada perbedaan di kehidupan nyata Anda dengan di weibo?

=>  Perbedaannya banyak. Karena kamu akan memikirkan dengan waktu yang bayak  apa yang harus kamu tulis di weibo, dan cara menulisnya kayak gimana, mengutarakan artinya apa, jadi saya akan lebih teliti jika ingin menulis di weibo, akan menulis juga tentang pemahaman hidup. Di kehidupan nyata, saya sudah sangat santai, apa yang mau dibicarakan sudah tidak perlu dipikirkan terlalu dalam, tidak akan sangat cermat. Biasanya latihan pertandingan sudah cukup ketat, hehe.

@  Sekarang hal apa yang paling ingin dilakukan?

=>  Istirahat! Ya istirahat! Saya berharap tim dapat memberikan cuti kepada saya beberapa hari, saya ingin berbaring tidur di rumah, selanjutnya pergi  berekreasi. Saya ingin pergi ke tempat yang lingkungannya agak bagus, dan tempat yang lebih tenang,seperti Guilin, Lijiang, Jiuzhaigou, tempat seperti itu.

@  Apa yang suka Xiao bao lakukan ketika lagi internetan? aPakah bisa melihat komentar para fans di weibo?

=>  Saya sebenarnya sangat jarang internetan, apalagi dalam waktu sekarang. Sekarang internet juga untuk menulis sesuatu di weibo. Dan juga saya sangat senang melihat film di internet. Oh iya, saya paling senang mencari acara di Discovery Channel, seperti berlangsungnya kehidupan di padang gurun, saya sudah mendownloadnya. Selain keterampilan melangsungkan hidup, saya merasa di dalamnya ada sebagian aturan yang mempunyai arti yang sangat penting. Saya juga sering melihat Komentar para fans di weibo , saya juga ingin balas, kecepatan memuat ulangnya sangat cepat, kadang satu komentar belum sempat saya balas, sudah ada komentar lagi ada yang datang, begitu membuat saya pusing. Saya hanya bisa bilang kepada para fans, saya sudah usahain.

@  Apa jenis buku yang paling disukai Xiao Bao ?

=>  Kalau ada waktu saya akan memilih membaca buku sejarah, tapi sekarang saya tidak mempunyai waktu untuk membacanya.Kebiasaan saya membaca buku adalah 1buku langsung, itu memerlukan waktu yang lama, dapat menghabiskan waktu 1-2 hari. Cara saya membaca buku adalah , saya tidak suka ada halaman yang saya langkahin, karena cara ini justru menjadi alasan bagi saya karena jarang membaca buku. Sekarang saya lebih suka membaca majalah, apalagi yang memperkenalkan tentang keadaan negara, seperti (pemanasan global) dan sejenisnya. Kamin kalau di bandara atau pejalanan ke bandara , hampir semuanya memegang 1 majalah.

@  Apa hadiah yang paling istimewa yang diterima dari fans?

=>  Semuanya sangat istimewa, sangat susah dibilang mana yang paling istimewa. Ada sekali fans menghadiahkan saya saya sebuah botol kaca, di dalamnya terdapat kapsul  >, seperti yang dikenalkan mereka, setiap kapsul mewakili sebuah berkat, tetapi saya tidak rela untuk membukanya. Ada lagi seperti lipatan burung di botol kaca. Tahun lalu, fans memberikan saya sebuah lukisan, lukisannya sangat bagus. Dan ada juga memberikan saya sebuah bantal, di atasnya di sulam dengan 10 polaa bebeda, memberkati apa gitu. Hampir setiap pertandingan fans memberikan saya hadiah, di hati saya, saya merasa itu sangat istimewa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Purple Bobblehead Bunny